Senin, 07 Mei 2012

Pengertian Silabus dan RPP

SILABUS DAN RPP(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) TEMATIK

SILABUS
1.Pengertian Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.
Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.:
1.      Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
2.      kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
3.      upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

2.  Prinsip Pengembangan Silabus
v  Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
v  Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
v  Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
v  Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
v  Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
v  Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
v  Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
v  Menyeluruh.  Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
3. Unit Waktu Silabus
1.      Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan d tingkat  satuan pendidikan.
2.      Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.
3.      Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus  sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata  pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Khusus untuk  SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan  satuan kompetensi.
4. Pengembang Silabus
Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.
1.      Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
2.      Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
3.      Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
4.      Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
5.      Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.
5. Komponen-Komponen Silabus
Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut.
1.      Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
2.       Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
3.      Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar.Hasil belajar dalam silabus berfungsi sebagai petunjuk tentang perubahan perilaku yang akan dicapai oleh siswa sehubungan dengan kegiatan belajar yang dilakukan, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi standar yang dikaji.Hasil belajar bisa berbentuk pengetahuan, keterampilan,maupun sikap.
4.      Indikator Hasil Belajar
Indikator hasil belajar adalah ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih dapat diamati dalam diri siswa, target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.
5.      Materi Pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar.Secara umum  materi pokok dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu  fakta,konsep,prisip,dan prosedur.
6.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).
7.      Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.
8.      Adanya Penilaian
Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur  keberhasilan belajar siswa.
9.      Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar adalah sarana dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

6. Langkah-langkah Pengembangan Silabus
Sebagaimana telah dikemukakan dalam uraian sebelumnya Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.  Silabus  merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Mengembangkan silabus dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
Œ    Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran  sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan  memperhatikan hal-hal berikut:
 a. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi;
 b. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
 c. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.
    Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
a)      potensi peserta didik;
b)      relevansi dengan karakteristik daerah,
c)      tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
d)     kebermanfaatan bagi peserta didik;
e)      struktur keilmuan;
f)       aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
g)      relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
h)      alokasi waktu.
Ž    Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan,  dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.  Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.       Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b.      Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c.       Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
d.      Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
    Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
    Penentuan Jenis Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.
a.          Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
b.         Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
c.          Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan siswa.
d.         Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
e.          Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.
    Menentukan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.  Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.

    Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

7. Format dan Model Silabus
Pada dasarnya tidak ada format dan model silabus yan baku.Hal ini disebabkan banyaknya variable yang mempengaruhi pengembangan model silabus, yang mengkibatkan silabus bersifat dinamis, dalam artian suatu model dapat dilaksanakan dengan baik untuk kondisi tertentu,belum tentu cocok untuk kondisi yang lain,atau suatu model berhasil diterapkan dengan baik oleh guru tertentu,belum tentu berhasildengan baik jika diterapkan oleh guru yang lain.Oleh karena itu, setiap guru diharapkan dapat mengembangkan silabus-silabus yang sesuai dengan karakteristik pribadi guru dan kondisi lingkungan dimana guru bertugas.

 
Contoh Format Silabus
SILABUS
Nama  Sekolah           : SD…..Medan
Tema                           : LINGKUNGAN                                          
Kelas/semester            : III / I

I. Standar Kompetensi :
1. PKN :mengamalkan sumpah pemuda
2. IPS :Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
3. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA :
·      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
II.  Kompetensi Dasar :
1.PKN :
·      Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·      Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
2.IPS:
·      Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·      Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3.Bahasa Indonesia :
·      Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·      Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·      Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan  kalimat yang runtut dan       mudah dipahami
4.Matematika :
·      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5.IPA :
·      Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·      Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang  mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. Materi Pokok/Pembelajaran :
1.PKN                                : Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2.IPS                                   : Kerja sama di lingkungan rumah
3. Bahasa Indonesia : melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan , mengomentari tokoh-tokoh cerita anak, menceritakan pengalaman yang mengesankan,memberikan tanggapan dan sederhana. menjelaskan isi teks
4.Matematika                   : garis bilangan, penjumlahan dan pengurangan,perkalian dan pembagian,uang,alat ukur,hubungan antar satuan waktu,panjang dan berat.
5.IPA                                  : ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup, perubahan pada makhluk hidup, sifat-sifat benda

IV.Kegiatan Belajar :
1. PKN                      : mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa, menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara, menyebutkan 5 tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda ,mengidentifikasikan pengalaman nilai-nilai sumpah pemuda di lingkungan rumah
2. IPS                                 : mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar, menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan, menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan, membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
3. Bahasa Indonesia     : menjelaskan petunjuk membuat alam pengukur debu , membuat pertanyaan tentang cara menggunakannya, menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang, memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang, menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
4. Matematika                 : menulis bilangan secara panjang (ribuan,ratusan,puluhan,satuan) , menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan,melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan, melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan, melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam, melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. IPA                                  : mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup, mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup, menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya, menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya, menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya, menggolongkan tumbhan berdasarkan daunnya, menyebutkan cirri-ciri pertumbuhan hewan, menyebutkan cirri-ciri pertumbuhan tumbuhan
V.Indikator   Pencapaian Kompetensi
1. PKN                                : mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa , menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara, menyebutkan 5 tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda ,mengidentifikasikan pengalaman nilai-nilai sumpah pemuda di lingkungan rumah
2. IPS                                   : mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar, menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan, menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan, membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
3. Bahasa Indonesia    : menjelaskan petunjuk membuat alam pengukur debu , membuat pertanyaan tentang cara menggunakannya, menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang, memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang, menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
4. Matematika                 : menulis bilangan secara panjang (ribuan,ratusan,puluhan,satuan) , menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan,melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan, melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan, melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam, melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. IPA                                  : mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup, mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup, menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya, menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya, menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya, menggolongkan tumbhan berdasarkan daunnya, menyebutkan cirri-ciri pertumbuhan hewan, menyebutkan cirri-ciri pertumbuhan tumbuhan  
VI.Penilaian
·      Tertulis : uraian pengamatan atau perbuatan
VII.   Alokasi Waktu : 3 minggu
VIII. Sumber/Bahan/Alat : gambar buku yang relevan

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1.      Pengertian RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
2.      Tujuan dan Fungsi RPP
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk : (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; (2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sementara itu, fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

3.                  Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :
·                     Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
·                     Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup ( life skill ) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
·                     Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
·                     Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.


4.                  Komponen-komponen RPP
Komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :
·                     Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.
·                     Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.
·                     Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
·                     Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
·                     Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
·                     Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
·                     Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
·                     Metode pembelajaran
·                     Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indicator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.
·                     Kegiatan pembelajaran
a.                   Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan, guru : (1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan (4) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.                  Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
c.                   Penutup
            Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
v  Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
v  Sumber belajar
            Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.



5.                  Prinsip-prinsip Penyusunan RPP
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :
a.                   Memperhatikan perbedaan individu peserta didi.
RPP disusun dengan memerhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial,emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
b.                  Mendorong Partisipasi aktif peserta didik.
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreatifitas, inisiatif inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
c.                   Mengembangkan Budaya Membaca dan menulis.
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
d.                  Memberikan Umpan Balik dan Tindak Lanjut.
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi.
e.                   Keterkaitan dan Keterpaduan.
RPP disusun dengan memerhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK,KD, Materi Pembelajaran, Kegiatn Pembelajaran, Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
f.                   Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
RPP disusun dengan mempertimbangkan peneraan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
6.                  Langkah-langkah Penyusunan RPP
            Langkah-langkah menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa hal berikut.
a.                   Identitas mata pelajaran
Tuliskan nama mata pelajaran, kelas, semester, dan alokasi waktu ( jam pertemuan ).
b.                  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tuliskan standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan Standar Isi.
c.                   Indikator
Pengembangan indikator dilakukan dengan beberapa pertimbangan berikut.
§  Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indicator (lebih dari dua).
§  Indicator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi.
§  Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja KD atau SK.
§  Prinsip pengembangan indicator adalah urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Kontekstual.
§  Keseluruhan indicator dalam satu KD merupakan tanda-tanda, perilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten.
d.                  Materi pembelajaran
Cantumkan materi pembelajaran dan lengkapi dengan uraiannya yang telah dikembangkan dalam silabus.
Dalam menetapkan dan mengembangkan materi perlu diperhatikan hasil dari pengembangan silabus, pengalaman belajar yang bagaimana yang ingin diciptakan dalam proses pembelajaran yang didukung oleh uraian materi materi untuk mencapai kompetensi tersebut. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan materi adalah kemanfaatan, alokasi waktu, kesesuaian, ketetapan, situasi dan kondisi lingkungan masyarakat, kemampuan guru, tingkat perkembangan peserta didik, dan fasilitas.
Agar penjabaran dan penyesuaian kemampuan dasar tidak meluas dan melebar, maka perlu diperhatikan criteria untuk menyeleksi materi yang perlu diajarkan sebagai berikut.
ü  Sahih ( valid ), artimya materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar  telah teruji kebenaran dan kesahihannya.
ü  Relevensi, artinya relevan atau sinkron antara materi pembelajaran dengan kemampuan dasar yang ingin dicapai.
ü  Konsistensi, artinya ada keajegan antara materi pembelajaran dengan kemampuan dasar dan standar kompetensi.
ü  Adequasi ( kecukupan ), artinya cakupan materi pembelajaran yang diberikan cukup lengkap untuk tercapainya kemampuan yang telah ditentukan.
ü  Tingkat kepentingan, artinya dalam memilih materi perlu dipertimbangkan pertanyan berikut : sejauh mana materi tersebut penting dipelajari?  Penting untuk siapa? Di mana dan mengapa penting ? dengan demikian, materi yang dipilih untuk diajarkan tentunya memang yang benar-benar diperlukan oleh siswa.
ü  Kebermanfaatan, artinya materi yang diajarkan benar-benar bermanfaat, baik secara akademis, maupun nonakademis.
ü  Layak dipelajari, artinya materi tersebut memungkinkan untuk dipelajari, baik dari aspek tingkat kesulitannya ( tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sulit ) maupun aspek kelayakannya terhadap pemanfaatna bahan ajar dan kondisi setempat.
ü  Menarik minat, artinya materi yang dipilih hendaknya menarik minat dan dapat memotivasi siswa untuk mempelajarinya lebih lanjut.
e.                   Tujuan pembelajaran
Dalam tujuan pembelajaran dijelaskan apa tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran diambil dari indicator.
f.                   Strategi atau Skenario Pembelajaran
Strategi atau scenario pembelajaran adalah strategi atau scenario apa dan bagaimana dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa secara terarah, aktif, efektif, bermakna dan menyenangkan. Strategi atau scenario pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh guru secara beruntun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penentuan urutan langkah pembelajaran sangat penting artinya bagi materi-materi yang memerlukan prasyarat tertentu.
Rumusan pernyataan dalam langkah pembelajaran minimal mengandung dua unsur yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi. Syarat penting yang harus dipenuhi dalam pemilihan kegiatan siswa dan materi pembelajaran adalah :
o   Hendaknya memberikan bagi siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan sendiri pengetahuan dibawah bimbingan guru;
o   Merupakan pola yang mencerminkan cirri khas dalam pengembangan keterampilan dalam mata pelajaran yang bersangkutan , misalnya observasi dilingkungan sekitar;
o   Disesuaikan dengan ragam sumber belajar dan sarana belajar yang tersedia;
o   Bervariasi dengan mengombinasikan antar kegiatan belajar perseorangan, pasangan, kelompok, dan klasikal;
o   Memperhatikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa seperti bakat, kemampuan, minat, latar belakang keluarga, social ekonomi, dan budaya, serta masalah khusus yang dihadapai siswa yang bersangkutan.
g.                  Sarana dan Sumber Pembelajaran
Dalam proses belajar mengajar, sarana pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.Sarana berfungsi memudahkan terjadinya proses pembelajaran. Sementara itu, sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar yang utama bagi guru adalah sarana cetak, seperti buku, brosur, majalah, poster, lembar informasi lepas, peta, foto, dan lingkungan sekitar, baik alam, system ataupun budaya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sarana adalah : (1) menarik perhatian dan minat siswa; (2) meletakkan dasar-dasar untuk memahami sesuatu hal secara konkret dan sekaligus mencegah atau mengurangi verbalisme; (3) merangsang tumbuhnya pengertian dan usaha pengembangan nilai-nilai; (4) berguna dan multifungsi; (5) sederhana, mudah digunakan dan dirawat, dapat dibuat sendiri pleh guru atau diambil dari lingkungan sekitar. Sementara itu, dasar pertimbangan untuk memilih dan menetapkan media pelajaran yang seharusnya digunakan adalah : (1) tingkat kematangan berpikir dan usia siswa; (2) kesesuaian dengan materi pelajaran; (3) keterampilan guru dalam memanfaatkan media; (4) mutu teknis dan media yang bersangkutan; (5) tingkat kesulitan dan konsep pelajaran; (6) alokasi waktu yang tersedia; (7) pendekatan atau strategi yang digunakan; (8) penilaian yang akan diterapkan.
h.                  Penilaian dan Tindak Lanjut
            Tuliskan system penilaian  dan prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa berdasarkan system penilaian yang telah dikembangkan selarans dengan pengembangan silabus.Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
            Jenis penilaian yang dapat digunakan dalam system penilaian berbasis kompetensi, antara lain sebagai berikut.
·         Kuis, bentuknya berupa isian singkat dan menanyakan hal-hal yang bersifat prinsip. Biasanya dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, kurang lebih 15 menit. Kuis dilakukan untuk mengungkap kembali penguasaan pembelajaran oleh siswa
·         Pertanyaan lisan di kelas, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan tujuan memperkuat pemahaman terhadap konsep, prinsip, atau teori.
·         Ulangan harian, adalah ujian yang dilakukan setiap saat, misalnya 1 atau 2 materi pokok selesai diajarkan.
·          Tugas individu, yaitu tugas yang diberikan kapan saja, biasanya untuk memeperkaya materi pembelajaran, atau untuk persiapan program-program pembelajaran tertentu.
·         Tugas kelompok, yaitu tugas yang dikerjakan secara kelompok (5-7 siswa). Jenis tagihan ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja sama di dalam kelompok.
·         Ujian sumatif, yaitu ujian yang dilakukan setiap satu standar kompetensi atau beberapa satuan komptensi dasar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan penilaian adalah sebagai berikut.
a.       Untuk mengukur pencapaian kompetensi peseta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator,
b.      Menggunakan acuan criteria,
c.       Menggunakan system penilaian berkelanjutan,
d.      Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut,
e.       Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran
Tabel 1.2 Perbedaan RPP dalam KTSP dengan RP dan Kurikulum1994
No.
Aspek Pembeda
RPP KTSP
RP Kurikulum 1994
1.
Hakekat RP
RP benar-benar ‘Rencana’ guru mengajar
RP cenderung untuk memenuhi persyaratan administrasi
2.
Kaitannya dengan bidang studi lain
Pembelajaran dapat diintegrasikan dengan bidang studi lain
Setiap bidang studi terpisah
3.
Rumusan tujuan
Tujuan hanya menggambarkan kompetensi yang akan dicapai
Tujuan dirinci mendetail dan berfokus pada pengetahuan
4.
Rincian media
Rincian media dan sumber belajar mengingatkan guru mengenai apa yang harus disiapkannya
Umumnya sekadar dicantumkan
5.
Lankah-langkah
Langkah KTSP menjadi sesuatu yang paling penting, didesain dalam bentuk scenario pembelajaran yang mengutamakan kegiatan siswa tahap demi tahap
Tahap-tahap KBM tidak selalu menjadi perhatian ( dibuat seragam )
6.
KBM
Topiknya sempit, tetapi mendaam dan bermakna
Hasil yang dicapai hasilnya banyak tetapi dangkal dan kurang bermakna
7.
Unsur evaluasi
Dirinci bagaimana giru memeperoleh data kemajuan siswa dalam belajar
Hasil belajar dinilai dari hasil tes tertulis



7.Prinsip Pengembangan
            Pengembangan RPP harus memperhatikan minat dan perhatian peserta didik terhadap materi standar dan kompetensi dasar yang dijadikan bahan kajian. Dalam hal ini harus diperhatikan guru jangan hanya berperan sebagai transformator, tetapi juga harus berperan sebagai motivator, mendorong peserta didik untuk belajar, dengan menggunakan berbagai variasi media dan sumber belajar yang sesuai, serta menunjang pembentukan kompetensi dasar.
            Untuk kepentingan tersebut, berikut ini terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan daklam pengembangan RPP dalam menyesuaikan implementasi, antara lain :
1.      Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas
2.      Rencana pembelajaran harus sederhana dan fleksibel , serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik
3.      Kegiatan – kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan
4.      RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta jelas pencapaiannya
5.      Harus ada koordinasi antarkomponen pelaksana program di sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim

Dalam hal ini, perlu dilakukan pembagian tugas guru, penyusunan kalender pendidikan dan jadwal pembelajaran, pembagian waktu yang digunakan secara proporsional, seperti penetapan penilaian , penetapan norma kenaikan kelas dan kelulusan, pencatatan kemajuan belajar peserta didik, pembelajaran remedial, progra,m pengayaan, program percepatan , peningkatan kualitas pembelajaran, dan pengisian waktu jam kosong.
Dalam kaitannya dengan RPP, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu :
1.      Persiapan dipandang sebagai suatu proses yang secara kuat diarahkan pada tindakan mendatang, misalnya untuk pembentukan  kompetensi, dan melibatkan orang lain
2.      Persiapan diarahkan pada tindakan dimasa mendatang, yang dihadapkan pada berbagai masalah , tantangan serta hambatan yang tidak pasti
3.      Rencana pembelajaran erat hubungannya dengan bagaimana sesuatu dapat dikerjakan, karena itu RPP yang baik adalah yang dapat dilaksanakan secara optimal dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik

Dari uraian diatas, dapat dipahami bahwa pengembangan rencana pembelajaran menuntut pemikiran, pengambilan keputusan , pertimbangan guru serta usaha intelektual, pengetahuan teoritis , pengalaman yang ditunjang oleh sejumlah aktifitas, seperti ,memperkirakan , mempertimbangkan , menata dan memvisualisasikan. Guru profesional harus mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang vaik , logis, dan sistematis. Setiap gurun harus memiliki rencana pembelajaran yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran, baik persiapan tertulis maupun tidak tertulis.

Cyntia (1993 : 113) mengemukakan bahwa proses pembelajaran yang dimulai dengan fase pengembangan rencana pembelajaran, ketika kompetensi dan metodologi telah diidentifikasi, akan membantu guru dalam mengorganisasikan materi standar, serta mengantisipasi peserta didik dan masalah –masalah yang timbul dalam pembelajaran. Sebaliknya, tanpa rencana pembelajaran , seorang guru akan mengalami hambatan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya.

Rencana pembelajaran mencerminkan apa yang akan dilakukan guru dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, bagaimana melakukannya dan mengapa guru melakukan itu.   Oleh karena itu RPP memiliki kedudukanm esensial dalam pembelajaran yang efektif karena akan membantu membuat disiplin kerja yang baik , suasana yang lebih menarik, pembel ajaran yang dioliki sejumlah kompomrganisasikan dengan baik, relevan dan akurat.

Rencana pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan guru untuk menunjang pembentukan kompetensi yang di harapkan. Dalam hal ini guru harus menjabarkan SKKD dalam bidangnya untuk jangka waktu satu tahun atau satu semester, beberapa minggu atau beberapa jam saja. Untuk satu tahun dan semester disebut program unit , sedangkan untuk beberapa jam pelajaran disebut RPP, yang dalam implementasi KTSP memiliki komponen- komponen kompetensi dasar, materi standarn pengalaman belajar, metode mengajar, dan penilaian berbasis kelas.

Anderson (1989:47) membedakan perencanaan dalam dua kategori, yaitu perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Perencanaan jangka panjang disebut dengan unit plans, merupakan perencanaan yang bersifat komprehensif, dimana dapat dilihat aktivitas yang direncanakan guru selama satu semester. Perencanaan umum ini memerlukan uraian yang lebih rinci dalam perencanaan jangka pendek  yang disebut dengan rencana pembelajaran.

Gagne dan Briggs ( 1998 ) mengisyaratkan bahwa dalam mengembangkan rencana pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran perlu memperhatikan empat asumsi sebagai berikut :
1.      Rencana pembelajaran perlu dikembangkan dengan baik dan menggunakan pendekatan sistem. Pengembangan rencana pembelajaran dipengaruhi oleh teori-teori yang melandasinya dengan langkah – langkah yang ditempuh dalam proses pembuatannya. Gagne merumuskan bahwas sistem pembelajaran merupakan serangkaian peristiwa yang dapat mempengaruhi peserta didik sehingga terjadi proses belajar pada dirinya demi mencapai suatu kompetensi. Proses pembelajaran dipandang sebagai suatu sistem karena memiliki sejumlah komponen yang saling berinteraksi, memiliki fungsi masing- masing untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan membentuk kompetensi peserta didik
2.      Rencana pembelajaran harus dikembangkan secara ilmiah berdasarkan pengetahuan  tentang peserta didik , yaitu teori-teori belajar dan pembelajaran yang telah diteliti oleh para ahli ilmu pendidikan
3.      Rencana pembelajaran harus dikembangkan untuk memudahkan peserta didik belajar dan membentuk kompetensi dirinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, yaitu :
a.       Informasi harus disiapkan dengan baik
b.      Berikan contoh-contoh dan ilustrasi yang dekat dengan kehidupan peserta didik
c.       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipassi dalam proses pembelajaran
d.      Menggunakan sarana dan alat pendukung yang berfariasi ( Wahab,2001 )
4.      Rencana pembelajaran hendaknya tidak dibuat asal-asalan, program satuan pelajaran harus disusun sesuai dengan  prosedur ilmiah.

8. Prosedur Pengembangan
            Prosedur Pengembangan RPP dalam menyukseskan implementasi KTSP dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu :
1.      Menambah kolom silabus
2.      Membuat format Satpel
CONTOH RPP
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Lingkungan
Kelas/Semester    :  III / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI

I.
PKn

1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS

1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III.
Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV.
Matematika

1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V.
IPA

1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn             : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-  
  sehari

2. IPS              : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
    sekolah
                                - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
    lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
    kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA             : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
  (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn             : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
     mempersatukan bangsa
                          -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
                                - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
                                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
                                  lingkungan rumah

2. IPS              : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
                                  buatan di lingkungan sekitar
                          - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
                                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
                                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
                                  anginnya
3. IPA             : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                          - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
                                - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,  
                                   satuan)
                                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia      : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
                                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
                                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
                                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
    binatang
                                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                         
¨      Informasi
¨      Diskusi
¨      Tanya jawab
¨      Demontrasi
¨      Pemberian tugas

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.          Kegiatan Awal
Apresepsi :
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B.           Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup 
PKn       
F Guru menerangkan tentang negara Indonesia
F Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
F Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
         Matematika                                       
- Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
- Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
        
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
- Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
- Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
         IPS
- Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
- Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan
- Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
         Matematika
- Memperagakan dekak-dekak
- Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak           
- Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
- Guru membacakan cerita binatang
- Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
- Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
         Matematika
- Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
- Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan      
- Membahas soal yang dikerjakan siswa
         IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
F Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air

Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         IPA
- Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
- Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel 
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
- Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
- Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
- Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
         Matematika
- Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
- Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
- Membahas soal yang tela dikerjakan siswa

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
- Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
- Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
- Siswa menanggapi cerita
         IPS
F Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
F Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
         Matematika
- Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
- Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia                                        
- Siswa mengamati dua buah gambar
- Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
         IPA
- Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Siswa mengamati macam-macam daun
         Matematika
- Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
- Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         IPA
- Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
- Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
- Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
         PKn
- Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
- Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
- Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
F Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
         Matematika
- Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
- Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
- Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
- Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
- Siswa menanggapi pengalaman teman
         IPS
- Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
- Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
- Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
- Siswa membuat denah rumah masing-masing
         Matematika
- Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
- Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
- Mengamati gambar peristiwa alam
- Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
         IPA
- Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
- Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
- Melaporkan hasil diskusi
Matematika
- Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
- Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
- Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
-  Buku Pendidikan Kewarganegaraan
-  Buku IPA
- Buku Matematika
- Buku Bahasa Indonesia
-  Buku IPS
-  Eksiklopedia
-  Kamus Bahasa Indonesia
-  Pedoman EYD
-  Koran dan majalah
- Media elektronik

Alat Peraga
- Gambar kenampakan alam
- Gambar kenampakan buatan
- Gambar peristiwa alam
- Teks cerita binatang

129 komentar:

  1. assalamu'alaikum wr.wb.
    izin copy ya ukhti :)

    BalasHapus
  2. bagus rppnya bisa buat referensi

    www.green-community17.blogspot.com

    BalasHapus
  3. mba terima kasih atas pengetahuannya. :)

    BalasHapus
  4. maksihhh,,,, :)
    izin copy,hehe...

    BalasHapus
  5. mantab... sist.... artikelnya lengkap banget.... bisa menginspirasi blog saya...

    www.panutan.com

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaaaah, izin copy yaaaah, ngebantu bgt buat tugas akuu:)

    BalasHapus
  7. Thanks ya sob udah share .......................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  8. bagusss,,, referensinya mana yaa???

    BalasHapus
  9. trimaksih buat blogernya.. sukses truuuussss.!!!!!

    BalasHapus
  10. terima kasih materi blognya. ijin copy ya

    BalasHapus
  11. ijin copas yahhh mbk ,
    sangat berguna sekali informasinya

    BalasHapus
  12. Terimakasih pembelajarannya mba... Boleh copy ya tuk belajar... :)

    BalasHapus
  13. Terimakasih pembelajarannya mba... Boleh copy ya tuk belajar... :)

    BalasHapus
  14. Terimakasih dhe... smoga sukses slalu! izin copy ya

    BalasHapus
  15. trimakasih sis.. ijin copy sis..

    BalasHapus
  16. Sebagai penulis yang baik dan sesuai kontennya pendidikan, boleh ga sumber referensinya dicantumkan?
    Siapa tau ada rekan-rekan pembaca yang mau menjadikan blog Anda sebagai literatur, tentu akan sangat membantu dan bermanfaat

    Dan terimakasih sebelumnya, konten Anda sangat baik dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  17. ya benar banget, klo referensinya d cantumkan mungkin akan lbih bermanfaat pd pembacanya

    BalasHapus
  18. mantap nih,, ntar malem aku uts MSI

    BalasHapus
  19. terima kasih sekali mbak, ijin copy untuk kami masukkan di web SilabusRPP.Com yang merupakan kumpulan silabus rpp berupa file .doc yang bisa diubah dan diedit sesuka hati

    BalasHapus
  20. izin copas yaa, mantap nihh buat presentasi :D,,, thanks yaa

    BalasHapus
  21. bagus izin copy buat tambahan materi belajar anak saya thank berat

    BalasHapus
  22. Lengkap dahh, ijin copy yah. :-)
    Terima Kasih..

    BalasHapus
  23. Lengkap informasinya, makasihh
    Ijin kopi ya

    BalasHapus
  24. ass. ijin copy buat pemberkasan ke pengawas

    BalasHapus
  25. Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumble upon every day
    You article very Good
    Daftar BandarQQ

    BalasHapus
  26. It has been a while since i saw this kind of information, its a post that offers a lot of information relevant to the topic am researching on. You did a great thing by sharing such kind of information. Wall decoration services Its my greatest wish that you will keep on sharing this kind of information.

    BalasHapus
  27. Sangat bermanfaat。^‿^。
    Izin copy yah ka..

    BalasHapus
  28. Makanan siap saji OTAJI oseng runa asap dapat dilihat secara detil dan dapat dijadikan menu tambahan keluarga sehari hari dibawah ini:
    otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji

    BalasHapus
  29. Makanan siap saji OTAJI oseng runa asap dapat dilihat secara detil dan dapat dijadikan menu tambahan keluarga sehari hari dibawah ini:
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji
    Otaji

    BalasHapus
  30. Banyak sekali yang jualan mesin jahit akan tetapi sedikit sekali yang memberikan konsultasi dan training seperti yang dilakukan CV.Kerto Gati dengan produk bergaransi yang mana sebagai supplier resmi mesin jahit singer merk ternama dan jaminan kualitas tidak diragukan lagi untuk ketahanan dalam pemakaian jangka waktu yang lama.

    Jangan terkecoh dengan pekerja online abal-abal yang asal-asalan, pilih pekerja online yang bisa meningkatkan visibilitas website di google khususnya sebagai mesin pencari nomor 1 di dunia dengan mempekerjakan jasa seo surabaya yang memberikan profit. Gunakan jasa seo yang semestinya sebelum anda MERUGI...!!!
    Adapun baju muslim terkini yang uptodate tampil cantik di koleksi baju muslim milik pak herman and see also on konsultan akuntansi milik bapak ari yang serius bergerak di bidang perpajakan yaitu Konsultan Pajak | Konsultan Pajak surbaya | Konsultan Pajak jakarta | Konsultan Pajak bali | Konsultan Pajak gresik | Konsultan Pajak sidoarjo Ashfaq Solution.
    Konsultan Pajak
    baju muslim
    jasa seo
    konsultan pajak profesional yang biasa ditemukan untuk para pekerja online seperti jasa seo surabaya yang terpercaya...!!!

    BalasHapus
  31. بهترین وکیل در اصفهان
    وکیل در اصفهان

    وکیل خبره در اصفهان

    وکیل عالی در اصفهان در موسسه حقوقی در اصفهان سازش گسترانوکیل تلفنی رایگان در اصفهان بهترین وکیل خانواده در اصفهان

    بهترین وکیل کیفری در اصفهان

    وکیل خوب وکیل اصفهان وکیل پایه یک دادگستری اصفهان برای طلاق در اصفهان وکیل طلاق در اصفهان

    BalasHapus
  32. اسکان در اصفهان و اقامت موقت در اصفهان وآشنایی با شهر اصفهان با سایت بهین اسکان اجاره کوتاه مدت آپارتمان در اصفهان

    قیمت اجاره آپارتمان مبله در اصفهان

    خانه اجاره ای یک شبه در اصفهان

    خانه اجاره ای روزانه در اصفهان نزدیک سی وسه پل

    اجاره سوئیت ارزان در اصفهان

    قیمت کرایه اتاق در اصفهان

    اجاره خانه مجردی در اصفهان

    اجاره اتاق در اصفهان

    اجاره آپارتمان مبله در اصفهان isfahan province, isfahanخانه اجاره ای یک شبه در اصفهان

    خانه اجاره ای برای مسافران در اصفهان

    خانه اجاره ای روزانه در اصفهان نزدیک سی وسه پل اجاره خانه دو روزه در اصفهان

    قیمت خانه اجاره ای برای مسافران در اصفهان

    اجاره کوتاه مدت اصفهان

    اجاره سوئیت ارزان در اصفهان

    اجاره اتاق در اصفهان

    قیمت کرایه اتاق در اصفهان سایت رزرو اسکان فرهنگیان ،سامانه اسکان
    فرهنگیان در شهر های مختلف ایران،سایتی برای رزرو اینترنتی اجاره آپارتمان مبله در اصفهان ستاد اسکان
    فرهنگیان

    BalasHapus
  33. فروش و اجرای آرملات در اصفهان ، تهران و مشهد  با جدید ترین متد نحوه اجرای آرملات و بهترین قیمت و هزینه اجرای آرملات اجرای بتن سخت ,بتن سخت صنعتی و جدید ترین روش اجرای بتن سخت صنعتی و ارائه بهترین قیمت بتن سخت/فروش بتن اکسپوز و مجری بتن اکسپوز اجرای بتن اکسپوز کف و بتن اکسپوز رنگی نما در شیراز ،اصفهان،تهران/اجرای بتن استامپی دکوراتیو با قالب یا بتن منقش دکوراتیواجرای کفسازی بتنی صنعتی برای سوله و پارکینگ بتن منقش اجرای کفپوش اپوکسی صنعتی 09120576855

    BalasHapus
  34. Sangat baik artikelnya sangat lengkap, Tapi lebih baik lagi jika Referensinya d masukin lagi. is very good, you're is the best. I LIKE pemaparan artikelnya karena sangat membantu.

    BalasHapus
  35. Menarik dan tersistematis..
    Trus brkrya lgi ya...

    Btw...
    Utk k13 yg skrg ada gk...
    Ksi info nya yaa...
    Sblum ny mksih bnyk loh wcananya...

    Ok... ttep berkrya...
    Smangat...

    BalasHapus
  36. O ya... klo ada yg k13..
    Di info in ya... d tnggu loh...

    Tling dblz yaa...

    Mksih....

    BalasHapus
  37. Bagaimana jika salah satu prinsip pengembangan silabus tidak terpenuhi?

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. terimakasih atas pembelajarannya

    BalasHapus
  40. kunjungi website saya tentang soal-soal sains\
    https://isanggar.com

    BalasHapus
  41. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  42. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here

    BalasHapus
  43. terimakasih atas ilmunya sangat membantu kami yang masih proses belajar.
    izin salin ya mba..

    BalasHapus
  44. bagus kak...

    klik: biblemu.blogspot.com

    BalasHapus
  45. Awesome Post
    i was looking this good article its really nice. please Click Here to know about Bahria Town .

    BalasHapus
  46. Terimakasih
    Lengkap dan sangat membantu informasinya

    https://ppgpjok.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  47. Terimakasih
    Informasinya sangat membantu

    BalasHapus

  48. I discovered your website by means of Google while searching for a comparable topic, your site got here up
    tech detects

    BalasHapus
  49. Thanks for sharing! I din’t knew all of them but i liked some changes such as option for different views 메이저사이트

    BalasHapus
  50. Good day, your writing style is great and i love it, 안전놀이터

    BalasHapus
  51. Thanks dear admin, I appreciate your effort, you have quality content on your website,
    I have bookmarked for future pursue. Keep it up Truly decent and intriguing post. I was searching for this type of information and delighted in perusing this one.
    Continue posting. A debt of gratitude is in order for sharing
    Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man, Keep it up. very interesting, good job and thanks for sharing such a good blog. https://techbeast.pk/how-to-get-life-insurance-plans-in-pakistan/

    BalasHapus
  52. This feature gives the light in which we can observe the reality. I love to reading an article that can make somebody believe. Thanks a lot for sharing a piece of wonderful information which I am looking for a longer period of time 토토사이트

    BalasHapus
  53. I got too much interesting stuff on your blog. I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work windshield crack repair

    BalasHapus
  54. This surely helps me in my work. Lol, thanks for your comment! wink Glad you found it helpful. yamaha dealer

    BalasHapus
  55. i am for the first time here. I found this board and I in finding It truly helpful & it helped me out a lot. I hope to present something back and help others such as you helped me 사설토토

    BalasHapus
  56. You made some decent points there. I looked on the net to the issue and found most people may go as well as using your site. Mini Cooper for Sale

    BalasHapus
  57. I just couldn’t get away from your web site before suggesting that I truly appreciated the typical information an individual give on your guests? Is likely to be yet again routinely to examine fresh articles Private Airport Transfers

    BalasHapus
  58. Pleasant article.Think so new type of elements have incorporated into your article. Sitting tight for your next article 검증업체

    BalasHapus
  59. Brilliant demonstrated data. I thank you about that. Clearly it will be unbelievably helpful for my future endeavors. Should see some different posts on a practically identical subject! Buy Klonopin Online

    BalasHapus
  60. That'sthe cause marketing that you simply appropriate research prior to creating. It's also feasible to put in writing enhanced publishing with this particular. voyance

    BalasHapus
  61. Rapidly this particular amazing web site ought to irrefutably turned out to be acknowledged inside all the website many people, because of the diligent content articles or even evaluations or even suggestions. best seo companies list in canada

    BalasHapus
  62. This is really a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology. Thanks for sharing it 먹튀검증커뮤니티

    BalasHapus
  63. I want to have this great information. I love it so much! 토토사이트

    BalasHapus
  64. This is my first time visit to your blog and I am very interested in the articles that you serve. Provide enough knowledge for me. Thank you for sharing useful and don't forget, keep sharing useful info: 안전놀이터검증

    BalasHapus
  65. This was among the best posts and episode from your team it let me learn many new things 먹튀검증사이트

    BalasHapus
  66.  am really enjoying reading your well written articles. It looks like you spend a lot of effort and time on your blog. I have bookmarked it and I am looking forward to reading new articles. Keep up the good work 토토사이트

    BalasHapus
  67. Trying to say thanks won't simply be adequate, for the fantasti c clarity in your written work. I will immediately snatch your rss channel to remain educated of any updates. 안전놀이터

    BalasHapus
  68. Regular visits listed here are the easiest method to appreciate your energy, which is why why I am going to the website everyday, searching for new, interesting info. Many, thank you 토토사이트

    BalasHapus
  69. 먹튀검증 https://xn--p22b05r36an50a.kr/ That is the excellent mindset, nonetheless is just not help to make every sence whatsoever preaching about that mather. Virtually any method many thanks in addition to i had endeavor to promote your own article in to delicius nevertheless it is apparently a dilemma using your information sites can you please recheck the idea. thanks once more 먹튀검증

    BalasHapus
  70. Really i appreciate the effort you made to share the knowledge. The topic here i found was really effective to the topic which i was researching for a long time posicionamiento web tijuana
    Very good points you wrote here..Great stuff...I think you've made some truly interesting points.Keep up the good work posicionamiento web tijuana

    BalasHapus
  71. A debt of gratitude is in order for the blog entry amigo! Keep them coming... accompagnement projet immobilier

    BalasHapus
  72. what a web site it is! This web site presents valuable information to us, keep it up. 메이저사이트

    BalasHapus
  73. Excellent..! Very useful blog. That’s truly good, Keep up the writing. 먹튀폴리스

    BalasHapus


  74. 라이센스 : 필리핀 정식 합법 라이센스 게임영상 : 부웅고게임/판타즈마/어거스트게이밍/게임아트/플레이스타/푸쉬게이밍/블루프린트 등 27개 게임사 제공 신규 가입혜택 : 가입 머니 2만원(입금액과 같이 사용 가능) 입금 보너스 : 매일 첫입금 20% (MAX 무제한)/매일 재입금 5% (MAX 무제한) 슬롯업계 중 가장많은 보너스혜택 제공 / 모든게임 롤링 100%
    온라인슬롯사이트

    BalasHapus
  75. bloggers offered the same content as you, the internet would be a far better place of searching of a marvelous site like yours. 사설토토

    BalasHapus
  76. blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is magnificent free time to do so. Thanks a lot. Anyhow, click this site 토토사이트

    BalasHapus
  77. Superbly written article, if only all bloggers offered the same content as you, the 보증업체 would be a far better place

    BalasHapus
  78. Thank you. I'll be back every time Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your 토토커뮤니티

    BalasHapus
  79. Wow, great blog article 안전놀이터 but I believe it will help a lot in my country

    BalasHapus
  80. Keep working like that!. back scratcher shoe horn 먹튀검증업체 I look forward to working with you.

    BalasHapus
  81. Top 10 Most Handsome Cricketers In The World
    https://entertainmentbracket.com/most-handsome-cricketers-in-the-world/

    BalasHapus
  82. It's always coming. This blog is great my own blog and would like to find out where u got this from. 스포츠토토

    BalasHapus
  83. I can't believe there's a post like this 토토사이트추천 but I believe it will help a lot in my country

    BalasHapus
  84. Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your You’re incredible! Thank you! 온라인카지노

    BalasHapus
  85. 스포츠토토추천 don't suppose I've read through something like this before. So good to discover another person

    BalasHapus
  86. 안전공원추천and wondering how you managed this blog so well. It’s so remarkable thato through

    BalasHapus
  87. Here we have shared some best happy birthday wishes name wise for everyone!
    Birthday Wishes for Nadia

    BalasHapus
  88. first you obtain a excellent blog . I will be interested in greater similar topics. I see you got without a doubt very useful subjects, i can be always checking your blog thank you. Took me time to apprehend all the remarks, but i critically enjoyed the write-up. It proved being actually helpful to me and im high-quality to all the commenters proper here! Its continuously quality whilst you can't handiest be knowledgeable, but additionally entertained! I am positive you had exciting scripting this write-up. You re in point of reality a simply right webmaster. The internet site loading pace is excellent. It sort of feels that you're doing any exceptional trick. Moreover, the contents are masterpiece. You've got achieved a brilliant interest in this problem! I want you to thank in your time of this splendid examine!!! I definately enjoy each little bit of it and i have you ever bookmarked to check out new stuff of your blog a ought to examine blog! You completed some of first-rate factors there. Cool you write, the facts is superb and interesting, i'll provide you with a link to my web site. I am very loved for this weblog. Its an informative subject matter. It help me very a lot to remedy some problems. Its possibility are so tremendous and working style so rapid. I actually like you are composing fashion, superb records, thankyou for posting. I see the best contents on your weblog and that i extremely love reading them. You truly make it look so smooth together with your performance however i locate this depend to be truely some thing which i assume i would never recognize. It appears too complex and extraordinarily large for me. I'm searching ahead to your subsequent post, i’ll try and get the cling of it! Thanks for sharing this records. I truely like your weblog submit very a whole lot. You have surely shared a informative and exciting weblog submit with people. I’m excited to uncover this web page. I want to to thanks for ones time for this mainly high-quality read!! I genuinely genuinely liked each part of it and that i additionally have you ever saved to fav to study new records on your site. I’ve read a few exact stuff here. Clearly worth bookmarking for revisiting. I marvel how a good deal effort you placed to create this sort of tremendous informative internet site. Thumbs up guys your doing a genuinely appropriate activity. I appreciate this article because it is complete of information i are looking for. I may additionally go to the website frequently to replace the ultra-modern data. An significantly famous and loved web-based totally e mail provider, aol mail is now a famend call. The mail service has gained its fundamental fan following due to the fastest interface and functions which are person-pleasant. You need to pick out this platform because right here, you get convenient get right of entry to to your emails and additionally experience numerous capabilities that are extraordinary. Clearly outstanding article. Thank you for sharing such precious statistics with us. I loved to examine this publish. That is actually helpful. Please preserve going with such properly articles. exceptional to be visiting your blog once more, it has been months for me. Properly this article that i have been waited for so long. I need this newsletter to finish my venture in the university, and it has same topic with your article. Thank you, great percentage. This is actually a pleasing and informative, containing all information and also has a awesome effect on the brand new era. Thanks for sharing it 토토거래소

    BalasHapus
  89. that is an wonderful element for sharing this useful message. I am dazzled via the data you have in this weblog. It causes me from more than one points of view. A debt of gratitude is in order for posting this over again. There may be so much in this newsletter that i would by no means have idea of by myself. Your content gives readers things to consider in an thrilling way. Hello! I should have sworn i’ve been to this blog before however after browsing through a number of the publish i found out it’s new to me. Anyhow, i’m certainly satisfied i found it and that i’ll be e-book-marking and checking returned regularly! 메이저놀이터

    BalasHapus
  90. this article is truely includes lot greater information about this topic. We have examine your all the facts a few factors also are precirding ttd have been reading along. I idea i'd go away my first remark. I don’t know what to mention besides that i have enjoyed studying. Quality blog, i'm able to maintain touring this blog very often. I found your blog the usage of msn. That is a completely nicely written article. I’ll make certain to bookmark it and come lower back to read greater of your beneficial data. Thank you for the put up. I’ll definitely go back 토토패밀리

    BalasHapus
  91. usually i in no way touch upon blogs however your article is so convincing that i never stop myself to mention some thing approximately it. You’re doing a first-rate process guy and thank you for the publish,thrilling stuff to read. Keep it up. Extraordinary publish! I'm absolutely on the point of throughout this statistics, is very useful my buddy. Also awesome weblog here with all the valuable statistics you've got. Preserve up the coolest work you're doing here! 메이저안전놀이터 메이저토토사이트

    BalasHapus
  92. All kittens adopted from royaltykitten.com Sphynx Cattery come with current vaccinations, dewormings, written sales contract, Two year health guarantee, health record, Spayed or Neutered, 30 days of free pet insurance for your kitten, and a kitten care package which includes food, litter and several surprises for you and your kitten.
    Kittens are Generally ready to leave between 12 to 16 weeks old.
    Sphynx do not develop as quickly as cats with hair.
    sphynx kittens for sale, sphynx kittens for sale, sphynx cat for sale near me,
    sphynx cats for sale, sphynx for sale, sphynx kitten for sale, sphynx kitten near me, sphynx for sale

    BalasHapus
  93. Your essay has a clear theme and rich literary sentiment. It deeply moved people’s hearts and resonated. If you are interested, you can take a look at my website.

    https://vinix.top

    BalasHapus
  94. After reading your article I was amazed. I know that you explain it very well. And I hope that other readers will also experience how I feel after reading your article 토토사이트

    BalasHapus
  95. Your article is great. I think it will be praised anywhere. I am a columnist and I am writing articles related to 토토검증사이트

    BalasHapus
  96. Assistir BBB22 completo em. Mais recente transmita Grátis online ou baixe Assistir Novelas ao vivo.

    BalasHapus

  97. A popular assistir brasil novela diária da é transmitida ou baixe gratuitamente em qualidade Full a partir de múltiplos.

    BalasHapus
  98. You in fact make it look so easy with your performance but I find this issue to be in fact something which I assume I would never understand. It seems extremely wide as well as too challenging for me. I'm eagerly anticipating your next post, I'll attempt to master it!
    Archives
    ePrimeFeed
    News
    Economy News
    Political News
    Technology News
    Sports News
    Movie News
    Fashion News

    BalasHapus
  99. vídeo exclusivo em alta qualidade para assistir de graça, todos os episódios sem cortes do Além da Ilusão aqui em um site.

    BalasHapus
  100. PSA - An Ancient Chinese - Titanium Art and Fine Art
    The titanium bolts bronze-stone bronze statues of titanium teeth k9 the Emperor grade 23 titanium Hấ�M is the most well-known titanium automatic watch among ancient Chinese nano titanium babyliss pro artisans in the world. The bronze sculptures represent the

    BalasHapus
  101. "This is a tremendously sad time for not just the nation but also for the millions of people around the world who admired her," Premier League Chief Executive Richard Masters said, "and we join together with all those in mourning her passing."
    사설토토
    먹튀검증
    토토검증
    슬롯사이트
    카지노사이트
    먹튀폴리스
    슈어맨

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus